20130404

Skripsi Model Pembelajaran Team Assisted Individualization

SKRIPSI MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) ini merupakan salah satu koleksi dari kumpulan makalah dan skripsi dengan judul selengkapnya Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) Melalui Pemanfaatan LKS (Lembar Kerja Siswa) terhadap Hasil Belajar Matematika Sub Pokok Bahasan Jajargenjang dan Belahketupat pada Siswa Kelas VII SMP N 11 Semarang Tahun Pelajaran 2006/2007.

Skripsi disusun oleh Retna Kusumaningrum, mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang guna memenuhi salah satu syarat memperoleh Strata 1 untuk memperoleh gelar Sarjana Pendidikan.

Pembelajaran matematika yang dilaksanakan di SMP Negeri 11 Semarang tersebut saat ini masih terpusat pada guru. Pembelajaran dimulai dari fase persiapan, demonstrasi, pelatihan terbimbing, umpan balik, dan pelatihan lanjut (mandiri). Meskipun tidak sinonim dengan ceramah dan resitasi, namun langkah-langkah tersebut masih berpusat pada  guru sehingga dikhawatirkan siswa akan cepat bosan dan kurang aktif dalam pembelajaran. Pembelajaran yang demikian ternyata kurang memberikan pengaruh terhadap hasil belajar yang optimal. 


Pembelajaran matematika hendaknya di desain untuk dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk menumbuhkembangkan kemampuan mereka secara maksimal. Melalui model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) yang lebih menekankan pada kerjasama kelompok yang bersifat heterogen untuk menyelesaikan tugas kelompok yang sudah disiapkan oleh guru (LKS) dan selanjutnya diikuti dengan pemberian bantuan secara individu bagi siswa yang memerlukannya, diharapkan dapat berpengaruh pada hasil belajar yang lebih optimal. Yang menjadi permasalahan, apakah model pembelajaran kooperatif tipe TAI melalui pemanfaatan LKS lebih efektif daripada model pengajaran langsung terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 11 Semarang pada sub pokok bahasan jajargenjang dan belahketupat.

Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 11 Semarang sebanyak 250 siswa yang tersebar dalam 6 kelas. Sampel diambil secara  cluster random sampling dan diperoleh siswa kelas VII E sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas VII F sebagai kelompok kontrol. Data hasil belajar siswa setelah dilakukan pembelajaran diperoleh menggunakan tes dan dianalisis menggunakan uji t.

Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen sebesar 72,28 dan kelompok kontrol sebesar 63,50. Hasil uji t diperoleh thitung = 3,014 > ttabel (1,66), yang berarti bahwa rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen lebih baik daripada rata-rata hasil belajar kelompok kontrol. Hasil uji ketuntasan belajar pada kelas eksperimen diperoleh thitung = 3,35 > -ttabel (-1,69) yang berarti hasil belajar siswa telah mencapai ketuntasan belajar (> 65). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran TAI melalui pemanfaatan LKS lebih efektif daripada model pengajaran langsung terhadap hasil belajar matematika sub pokok bahasan  jajargenjang dan belahketupat pada siswa kelas VII SMP Negeri 11 Semarang tahun pelajaran 2006/2007.

Disarankan kepada guru dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) melalui pemanfaatan LKS serta mengembangkan kreatifitas dalam pembelajaran. Guru dapat memvariasikan model pembelajaran kooperatif tipe TAI melalui pemanfaatan LKS dengan model lainnya sehingga diperoleh model yang lebih sesuai karakteristik pokok bahasan dan kondisi siswa.

Baca dan Download Skripsi Model Pembelajaran

Untuk menyimak pemaparan lebih lengkap dan mendalam tentang Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) Melalui Pemanfaatan LKS (Lembar Kerja Siswa) terhadap Hasil Belajar Matematika, silakan baca secara online atau download skripsi ini dengan mengklik gambar di bawah.


Skripsi ini setebal 88 halaman ini dilengkapi dengan halaman judul, halaman pengesahan, halaman pernyataan, kata pengantar, abstrak, moto persembahan, daftar isi, daftar lampiran, daftar tabel, dan daftar pustaka.

Panduan Download

Bila mengalami kendala atau kesulitan saat hendak membaca atau mendownload, baca Cara Download. Dan bila ingin membaca berbagai judul makalah lainnya, baca Daftar Skripsi dan Tesis.

Semoga skripsi matematika ini bermanfaat.

MAKALAH LAINNYA:

Posted by: Al Moon Pusat Makalah, Updated at: 4/04/2013

1 comments :

  1. artikel berkualitas gan.... mampir juga disini gan www.killdo.de.gg

    ReplyDelete

Tinggalkan komentar Anda di sini: